17
Jul-2014

BCA Dukung Pengembangan Desa Wisata Wayang

News   /   Tags: ,

PT Bank Central Asia, Tbk. (BCA) mendukung pengembangan Desa Wukirsari di Imogiri Bantul menjadi Desa Wisata Wayang.

Langkah awal dilakukan dengan mengadakan pembinaan berupa pelatihan kemampuan serta keterampilan (soft skill) SDM bidang pariwisata. Pembukaan pelatihan dihadiri oleh Head of CSR BCA Sapto Rachmadi, Kepala BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Jogja Sabar Purnomo, Camat Imogiri Sigit Subroto serta Lurah Desa Wukirsari Bayu Bintoro.

“UNESCO telah menetapkan wayang sebagai warisan budaya dunia pada 7 November 2003. Wayang menjadi suatu karya dan budaya yang mengagumkan dalam cerita narasi, warisan yang indah dan berharga, serta mencerminkan sikap solidaritas, sifat rohani dan bersahabat dengan alam. Oleh karena itu, BCA terus memikirkan upaya-upaya untuk melestarikan budaya dan seni pertunjukan wayang. Salah satunya adalah dengan memastikan budaya ini tetap hidup dan berkembang di masyarakat Indonesia dengan membina Desa Wisata Wayang Wukirsari,” kata Sabar Purnomo, Kamis 17 Juli 2014.

Untuk membina Desa Wukirsari menjadi desa tujuan wisata wayang yang dapat memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan baik domestik ataupun mancanegara nantinya, BCA mengadakan program pelatihan kemampuan serta keterampilan SDM bidang pariwisata.

Pelatihan digelar selama 2 hari, 17-18 Juli di Hotel Santika Jogja. Kegiatan ini diharapkan akan menghasilkan tenaga terampil di bidang pemandu wisata serta meningkatkan kemampuan para pramuwisata tentang pasar wisata dan pengelolaan obyek wisata.

“Kedepan, tentu kita berharap warga di Wukirsari akan mampu memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan keinginan wisatawan,” ujar Sabar.

Head of CSR BCA Sapto Rachmadi menambahkan, program pelatihan SDM yang berada di bawah naungan program Bakti BCA ini, juga merupakan wujud konsistensi dan keterlibatan aktif BCA dalam mendukung pelestarian budaya dan perkembangan sektor pariwisata di Indonesia.

“Kami berharap, pendampingan dan pelatihan ini akan mengembalikan kejayaan Desa Wukirsari sebagai salah satu destinasi wisata wayang di Yogyakarta,” terang Sapto.

Sebelumnya, Wukirsari dikenal sebagai salah satu destinasi wisata wayang di Yogyakarta. Masyarakat, baik dari dalam maupun luar negeri seperti Swiss, Perancis, Belanda dan Jepang pernah belajar kesenian wayang di desa ini. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain membuat wayang, memainkan gamelan, menyaksikan pertunjukkan wayang serta tinggal di rumah-rumah perajin wayang di desa tersebut.

Dukungan BCA terhadap pelestarian wayang sebagai asset budaya, sebelumnya telah dilakukan melalui berbagai cara. Termasuk diantaranya adalah dengan menggelar berbagai aktivitas yang ditujukan untuk mendorong dan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap wayang, khususnya di kalangan generasi muda. Langkah yang dilakukan, adalah dengan menggelar pameran wayang di sejumlah mall. BCA kemudian juga menggelar Wayang for Student dengan mengajak 1.500 siswa-siswi SD hingga SMA untuk menyaksikan pertunjukan wayang.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec