14
Aug-2014

Canda dan Tawa di Museum Gunung Merapi

Wisata   /   Tags:

 

Piknik atau wisata, hakekatnya adalah bersantai dan sejenak melepaskan diri dari rutinitas harian yang kerap membebani pikiran dan phisik. Bila Anda sepakat dengan falsafah ini, maka piknik tidak harus jauh dan mahal.

Judul ini sengaja saya pilih, mengawali cerita piknik bersama keluarga besar Griya Janabadra Asri Blok A, Dusun Medari Cilik, Caturharjo Sleman DI.Yogyakarta. Sesungguhnya ini bukan piknik biasa. Karena kami mengemasnya dengan acara Syawalan dan Piknik. Sebuah acara bersama seluruh warga perumahan yang baru kali pertama ini kami adakan diluar perumahan.

Terus terang, kami harus berterimakasih kepada ibu-ibu perumahan. Karena acara ini awalnya adalah gagasan mereka, yang boleh jadi merupakan ungkapan kerinduan dengan acara plesiran. Terlebih plesir bersama. Maklum lah, namanya warga perumahan, maka aktivitas pekerjaan, telah menyita dan menyedot waktu-waktu kebersamaan kami. Sekali dua kali sebulan, masih ada kesempatan bertemu bersama saat rapat rutin. Selebihnya, bertemu dengan tetangga hanya saat akan berangkat kerja atau pulang kerja. Alias sliringan. Hehehe.

syawalan di MGM2Sebagai acara perdana, maka kami sepakat untuk manut atau menurut dengan falsafah diatas. Tidak perlu jauh, yang penting tempatnya cukup nyaman untuk kami orangtua dan juga untuk anak-anak, serta efisien. Akhirnya, pilihan pun jatuh ke Museum Gunung Merapi (MGM) di Pakem, yang lokasinya cukup dekat dari rumah kami hanya sekitar 15 kilometer. Karena falsafah ini pula, kami kemudian lebih memilih sebuah taman kecil di sisi kiri pintu masuk sebagai tempat acara. Padahal pengelola museum sempat memberikan penawaran agar kami memanfaatkan salah satu ruangan di dalam gedung.
“Kita sudah terbiasa di rumah dan di kompleks perumahan yang lingkupnya sangat terbatas. Mungkin akan lebih menyenangkan kalau acaranya diluar saja. Nanti kita bawa tikar, sekaligus snack dan makanan,” usul Pak Afif saat kami survei beberapa pekan sebelumnya.

syawalan di MGM4Benar saja, ketika saatnya tiba Minggu 10 Agustus 2014, dalam penglihatan kami pilihan tempat ini cukup menyenangkan semua peserta. Acara berlangsung sederhana dan santai tidak terkesan resmi, namun tetap khidmat dan bermakna sebagai acara syawalan. Acara game untuk anak-anak pun bisa dilakanakan dengan sangat leluasa dan meriah tanpa takut mengganggu pengunjung museum yang lain.

Usai game, kami langsung masuk ke museum. Petugas memandu kami melihat-lihat koleksi museum dan menjelaskan semua hal terkait dengan koleksi yang ada. Namanya Museum Gunung Merapi, maka koleksinya sebagian besar terkait dengan Merapi dan kegunungapian. Namun bagi Anda yang belum pernah kesini, jangan buru-buru menyepelekan.

syawalan di MGM5Informasinya, menurut kami sangat menarik dan edukatif. Selain bercerita banyak tentang proses terjadinya gunung api dan proses terjadinya erupsi, koleksi MGM juga banyak bersinggungan dengan ilmu bumi, sejarah dan kebencanaan. Semua tersaji dengan kemasan yang sangat menarik dan mudah diterima oleh semua lapisan. Ada juga sejumlah simulator bencana seperti simulator gempa dan tsunami yang bisa dipraktekkan. Juga koleksi berupa benda-benda yang menggambarkan kedahsyatan letusan gunung berapi.

“Merapi kan sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Kami mencoba merekam Syawalan di MGMkedahsyatan gunung ini dalam koleksi museum. Wisatawan bisa melihat Merapi langsung ke Cangkringan dan sekitarnya. Tapi dalam skala lebih kecil dengan gambaran yang lebih komplit dan ilmiah, justru di museum ini wisatawan bisa mendapatkannya. Makanya tidak sedikit wisatawan asing dari berbagai negara termasuk dari Eropa yang datang,” papar Suharno selaku kepala MGM, sebelum kami menuntaskan wisata kali ini dengan menonton film tentang Merapi di Teater Room.

1

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec