14
Aug-2013

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istidjab M. Danunegoro mengatakan tingkat okupansi hotel pada Lebaran tahun ini rata-rata naik 15 – 20 % dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Ini terjadi untuk okupansi hotel berbintang di kawasan ring satu.

“Adapun yang dimaksud ring satu adalah Kawasan Malioboro,” kata Istidjab.

Di kawasan ring satu tersebut, saat Lebaran tahun lalu, tingkat hunian hotel bisa mencapai 90 persen lebih. Karena kebanyakan hotel-hotel yang berada di kawasan Malioboro diserbu pengunjung.

“Bagaimanapun, Malioboro masih menjadi favorit,” papar General Manager Hotel Grand Quality Hotel Yogyakarta ini.

Namun, seiring dengan berakhirnya libur Lebaran pada Senin (12/8) lalu, tingkat hunian hotel berkurang drastis. Pengunjung hotel yang menginap sudah kembali ke kota asalnya.

Senada diungkapkan Kepala Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) Deddy Pranowo Eryono. Menurut Deddy, rata-rata okupansi hotel berbintang di Yogyakarta mulai turun menjadi sekitar 60 %.

“Hari ini, turun hingga 60 %, karena banyak tamu yang mulai pulang ke daerah asal,” imbuh Deddy, yang juga sebagai Ketua Umum Kapurel (Keluarga Publik Relations) Jogja ini. [pictureframe image=”http://www.jalanjogja.com/wp-content/uploads/2013/08/deddy-pranowo-eryono.jpg” align=”right” lightbox=”true” title=”Ketua BP2KY Deddy Pranowo Eryono” link=”” width=”125″ height=””]

Ditambahkan Deddy, mendekati Lebaran lalu, tingkat okupansi hotel berbintang di atas 90 persen. Namun, memasuki H+4, banyak tamu yang sudah check out.

“Kalau toh ada yang bertahan, karena liburan sekolah masih cukup panjang. Tipe tamu ini adalah keluarga dan tetap stay hingga 18 Agustus mendatang,” imbuhnya.

Diakui pria yang juga mengurusi dua hotel, Ruba Graha Hotel dan Grya Somaya ini, kondisi ini terjadi pada hotel berbintang. Khusus hotel kelas melati, tingkat okupansi tidak sebaik hotel berbintang.

“Perlu support dan promosi yang lebih besar, agar tingkat keterisian hotel kelas melati juga lebih baik seperti hotel berbintang,” harapnya.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec