17
Jan-2014

Mancal.com Lahir Karena Sepeda

News   /  

Bersepeda tengah menjadi trend dan gaya hidup. Demikian juga di Yogyakarta, budaya bersepeda yang pernah dikenal pada tahun 70-an hingga 80-an, kembali dihidupkan.

foto mancal-2Gaya hidup ini juga mndukung transportasi ramah lingkungan, di samping lebih menyehatkan badan, serta mengurangi kemacetan dan polusi. Kini, masing-masing instansi pemerintah dan swatsa memasyarakatkan lagi olahraga bersepeda dengan membentuk komunitas pecinta sepeda.

Salah satu komunitas bersepeda di Yogyakarta yang cukup eksis adalah mancal.com (mancaldotcom, Red). Mancal.com berisi sekelompok penggemar dan pecinta naik sepeda. Mereka berasal dari kalangan pengusaha, seniman, pimpinan perusahaan, dan lainnya. Setiap minggu, selalu disempatkan bersepeda bersama, termasuk mencoba track baru yang menantang.

L. Sudarsana, salah satu anggota mancal.com memanfaatkan kesempatan bersepeda bersama anggota lain untuk merayakan ulang tahun yang ke-50. “Komunitas mancal.com berdiri pada 10 November 2011 oleh para pecinta dan hobi gowes yang sebagian besar anggotanya dari kalangan pengusaha dan seniman di Yogyakarta,” kata Sudarsana, yang juga General Manager Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta (RAY), Jumat.(17/1)

Beberapa anggota, di antaranya Danang Wibowo dari Kabare Jogja, Sugiharto Madflash, Herman Dody yang berprofesi trainer, seniman Age, dan masih banyak lagi.

Komunitas ini biasanya memilih basecamp di Mbah Carik, Kaliurang. Meski begitu tren seperti Imogiri, Parangtritis dan lainnya sering dilalapnya. “Dengan bersepeda, selain hidup sehat juga memperluas networking,” imbuh Sudarsana.(*)

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec