21
Jul-2014

Melewatkan Lebaran di Sleman

Candi Prambanan 1

Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sleman selama libur Lebaran pada 26 Juli-3 Agustus 2014 diprediksi akan mencapai 125 ribu orang. Pastikan Anda salah dan keluarga menjadi bagian dari kebahagiaan menikmati Lebaran yang kental warna budaya Jawa ini.

Jangan khawatir, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman sudah berjanji untuk tidak menaikkan tarif tiket masuk ke kawasan wisata setempat selama libur lebaran 2014. Fasilitas dan pelayanan di kawasan wisata justru ditambah untuk menarik pengunjung saat liburan. Kebijakan ini berlaku untuk semua tujuan wisata. Selain perbaikan fasilitas, pemerintah daerah setempat juga merancang agenda acara hiburan untuk menambah daya tarik wisata. “Kami sudah undang para pelaku pariwisata dan pemandu untuk memantapkan kesiapan. Soal keamanan, kami juga telah berkoordinasi dengan polisi pariwisata,” kata Ir AA Ayu Laksmidewi TP, MM, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sleman.
Destinasi wisata juga disiapkan. Untuk wisata candi, Anda bisa berkunjung ke Prambanan, Ratu Boko, Kalasan, Sambisari, Banyunibo, dan Ijo. Sedangkan desa wisata, setidaknya ada 12 yang siap menyambut kedatangan wisatawan. Diantaranya desa wisata Trumpon, Pentingsari, rumah domes Sumberharjo, Tunggularum, Tanjung, Sukunan, Kembangarum, Sidoakur, Pulesari, Palgading, Gabugan, dan Grogol.Situs Ratu Boko 4
Kedua belas desa wisata itu keseluruhan mampu menampung 560 tamu. Destinasi wisata unggulan kabupaten ini diantaranya Kaliurang, volcano tour Cangkringan, dan Museum Gunungapi Merapi (MGM) dan jangan lupakan pula Museum Ullen Sentalu, Museum Affandi, Monumen Jogja Kembali, Museum Pendidikan Indonesia di UNY, serta Museum Dirgantara Mandala.
Volcano Tour Cangkringan menawarkan panorama alam pasca erupsi Merapi 2010, yang diantaranya berupa bekas rumah juru kunci Merapi Mbah Maridjan, Bunker Kaliadem, Batu Alien, serta Museum Rumahku Sisa Hartaku. Dikawasan ini dapat dinikmati panorama alam dengan fasilitas trail wisata maupun jeep wisata. Jumlah jeep wisata yangMerapi 3 siap beroperasi di kawasan Kaliaden berjumlah 75 jeep dan trail sebanyak 30 kendaraan.
Jadwal hiburan yang dirilis oleh Pemda Sleman untuk panggung hiburan Tlogo Puri adalah: Selasa (29/07/2014) Orkes Melayu Nabila dari Ngawen Trihanggo Gamping, Rabu (30/07/2014) Juli Orkes Melayu Carista dari Temuwuh Kidul Balecatur Gamping dan Kamis (31/07/2014)Jathilan Kudo Mudo Setyo dari Krebet Bimomartani Ngemplak. Kemudian Jumat (01/08/2014) Campursari Mulyo Laras dari Bedreg Maguwoharjo Depok dan Sabtu (02/08/2014) Jathilan Wijining Turonggo Seto dari Turgo Purwobinangun Pakem, serta Minggu (03/08/2014) Orkes Melayu Komando Band dari Durenan Triharjo Sleman. Selain itu semua pertunjukan Sendratari Ramayana di Panggung Terbuka Kompleks Candi Prambanan juga tetap dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Adapun jadwal pertunjukan Sendratari Ramayana untuk akhir bulan Juli 2014 adalah berupa pertunjukan sendratari full story pada tanggal 19, 20, 21, 23, 26, 27, 28 dan 30 Juli 2014.Untuk awal bulan Agustus adalah tanggal 1, 2, 5, 6 dan 7 dan tanggal 8 hingga 11 Agustus berupa sendratari episode.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec