01
Jun-2016

Menghabiskan Waktu di Pok Tunggal

IMG_9680+

Gunungkidul memiliki pantai-pantai indah. Indrayanti dan Siung adalah dua dari begitu banyak pantai yang belakangan populer di kawasan ini. Tapi jangan salah, walau kalah popular, bukan berarti pantai yang satu ini kurang cantik. Justru pantai bernama Pok Tunggal ini menyimpan keindahan pasir putih yang sulit ditandingi.

Pantai Pok TunggalPantai Pok Tunggal bisa menjadi alternatif pilihan kunjungan ke pantai. Apalagi saat libur, Pantai Indrayanti, Siung, dan lainnya pasti ramai dengan pengunjung saat liburan. Untuk mencapai pantai yang ditandai dengan satu Pohon Duras ini, dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 2,5 jam, melewati Wonosari, Gunungkidul.
Saat pagi hari, keindahan Pantai Pok Tunggal akan menghipnosis pengunjung. Udara yang segar serta angin pagi yang berhembus perlahan menyapa penuh kehangatan. Keindahan pasir pantai, bukit, dan tebing tingginya yang menjulang akan mempesona semua yang datang.

Satu Pohon Duras yang tumbuh di sekitar pantai IMG_9709+menjadi ikon Pok Tunggal, karena bentuknya yang unik dan indah bila diabadikan.Penduduk setempat juga sering mengingatkan pada wisatawan, agar tidak memanjat pohon tersebut. Karena pohon ini sulit tumbuh di tempat tersebut.

Berkunjung di pantai ini belum lengkap rasanya, tanpa menikmati pesona terbenamnya matahari. Sisi Timur pantai terdapat tebing dan bangunan sederhana untuk menikmati suasana pantai dari atas tebing. Di kawasan ini, wisatawan bisa melihat sunset dengan sempurna. Di dekat pantai ada mata air yang tidak pernah kering sepanjang tahun.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal cukup lebar dan luas. Pantai ini diapit dua bukit yang dikembangkan menjadi tempat wisata. Bukit di sebelah barat bernama Bukir Tirta Pok Tunggal Asri dan sebelah timur adalah Bukit Panjong.
Tebing-tebing yang tegak lurus seperti dinding karang setinggi 50-an meter ini berpotensi sebagai arena olahraga panjat tebing. Tentu saja butuh nyali dan keterampilan luar biasa memanjat tebing ini. Di tebing-tebing karang pantai ini, sesekali terlihat primata liar. Kawanan monyet liar datang dari balik tebing di sebelah timur. Menikmati keindahan Pantai Pok Tunggal akan terasa lengkap, setelah sejenak menunggu matahari tenggelam di balik cakrawala.

Koordinat:
GPS: S8°9’20” E110°37’17”

Lokasi:Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Tepatnya di sebelah Timur Pantai Watulawang dan di sebelah Barat Pantai Ngetun, sekitar 50 kilometer dari Wonosari atau sekitar 2,5 jam dari Jogja.

Rute ke Pantai Pok Tunggal :
Alternatif pertama dari Yogyakarta :
Kota Yogya- Piyungan, Patuk, Sambipitu, Arah Hutan Bunder, Gading, Logandeng, Siyono, Bundaran Tugu BPD, Jl. Kyai Legi, Jalan Lingkar Selatan, Jl. KRT Djojodiningrat, Jalan Girisubo – Wonosari, Jalan Saptosari – Tepus dan sampailah Pantai Pok Tunggal.

Alternatif kedua dari Yogyakarta :
Kota Yogya, Imogiri, Panggang, Jalan Saptosari – Tepus, Ikuti Arah ke Pantai Baron, Pertigaan Jalan sebelum Pantai Baron belok kiri menuju Pantai Indrayanti ketemu Pertigaan di Kawasan Pantai Indrayanti ke kiri ikuti jalan aspal dan menjumpai Pos Retribusi, beberapa meter sebelah kanan jalan ada papan petunjuk arah ke Pantai Pok Tunggal. Ikuti saja jalan kecil cor blok (jalan batu) ke lokasi pantai Pok Tunggal dengan ciri ada Pohon Duras di kanan jalan masuk Pantai Pok Tunggal.

Alternatif lain, dari Solo:
Akses menuju Pantai Pok Tunggal dari Solo. Begitu sampaiPrambanan, ambil kiri di pertigaan Jl Solo Prambanan menuju Jl Wonosari, Patuk, Sambipitu, Hutan Bunder, Wanagama, Gading, Logandeng, Siyono, Bundaran Tugu BPD, Jl. Kyai Legi, Jalan Lingkar Selatan, Jl. KRT Djojodiningrat, Jalan Girisubo – Wonosari, Jalan Saptosari – Tepus dan ketemu di Pantai Pok Tunggal.

IMG_9740+

Fasilitas:
Tarif parkir:
Sepeda motor : Rp 2.000
Mobil: Rp 5.000
Minibus: Rp 15.000

Tarif sewa:
Payung pantai : Rp 20.000
Tenda dome: Rp 60.000

WC umum:
Toilet: Rp 2.000
Mandi: Rp. 5.000

Lokasi Camping:
Pantai Pok Tunggal juga asyik dijadikan tempat camping, karena memiliki pasir yang luas dan mata air. Jika ingin mendirikan api unggun, wisatawan harus menghubungi pengelola pantai agar disediakan drum sebagai alas api unggun, sehingga bekasnya tidak mengotori kebersihan pantai.
Selain itu, juga bisa memesan kayu bakar pada pengelola. Asyiknya lagi, jika malas masak, bisa memesan makanan di warung yang ada di pantai ini.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec