01
Dec-2015

Menikmati Toleransi di Candi Sojiwan

Wisata   /   Tags: , , ,

sojiwan1

Stupa yang terdapat di Candi Sojiwan menunjukan candi ini termasuk dalam khazanah candi Budha.

Candi Sojiwan merupakan cermin dan salah satu bukti kerukunan umat beragama di masa silam. Menurut Prasasti Rukam (907 M), Raja Balitung dari kerajaan Mataram Kuno mempersembahkan bangunan suci yang bercirikan agama Budha untuk neneknya yang sangat dihormati. Raja Balitung beragama Hindu, sedangkan neneknya beragama Budha.sojiwan5

Sejak 1996 sampai sekarang, Candi Sojiwan mengalami proses pemugaran. Pada tahun 1999 candi ini digunakan sebagai Pusat Pendidikan dan Latihan Pengembangan Metode Pemugaran Candi Tingkat Nasional.

Berdasarkan hasil ekskavasi yang pernah dilakukan, diketahui bahwa Candi Sojiwan dikelilingi oleh tiga buah pagar. Candi Sojiwan juga “pernah” memiliki sebuah Candi Perwara. Di dekat Candi Sojiwan juga “diketahui” terdapat candi lain yang bernama Candi Kalongan. Sayang sekali candi-candi tersebut kini sudah lenyap keberadaannya.

Menurut keterangan petugas batu-batu candi tersebut sudah berpindah lokasi dan kebanyakan menjadi pagar rumah-rumah warga.Pintu masuk pengunjung kompleks Candi Sojiwan menghadap arah utara. Tetapi secara fakta Candi Sojiwan itu mengarah ke barat. Di situ juga terdapat 2 arca setinggi sekitar 1,5 meter berupa raksasa yang sedang duduk sojiwan4bersila. Bagian arca tersebut sudah tidak lengkap lagi, terutama bagian wajah yang sudah rusak. Sangat mungkin kedua arca tersebut sebagai pintu gerbang menuju candi.

Di dalam candi ini terdapat relief cerita binatang sebanyak 16 buah yang terdapat di dinding-dinding candi. Sebetulnya ada 19 buah, tetapi yang bisa terbaca hanya 16 saja. Relief-relief tersebut unik karena hanya terdapat di Candi Sojiwan dan Candi Mendut. Cerita-cerita binatang tersebut sarat dengan pendidikan moral. Beberapa cerita tersebut adalah:

  1. Seorang Prajurit dan Seorang Pedagang.
  2. Dua Ekor Angsa Menerbangkan Kura-Kura.
  3. Garuda Berlomba Dengan Kura-Kura.
  4. Buaya Menginginkan Hati Kera.
  5. Perkelahian Banteng dengan Singa.
  6. Gajah dan Setangkai Kayu.
  7. Seorang Laki-Laki dengan seekor Singa.
  8. Seorang Perempuan dan Seekor Serigala.Candi-Sojiwan
  9. Pemburu dan Serigala.
  10. Ketam Membalas Budi.
  11. Seekor Burung Berkepala Dua.
  12. Bercerita.
  13. Kambing dan Gajah.
  14. Orang Berkepala Singa.
  15. Lembu Jantan dan Serigala.
  16. Kinnara.

Transportasi

Secara administratif, Candi Sojiwan berada di Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Rute untuk menuju Candi Sojiwan cukup mudah. Bila Anda bertolak dari Yogyakarta, Anda harus mengikuti jalan Solo hingga sampai di Prambanan. Pada perempatan lampu merah setelah Kantor Kecamatan Prambanan, Anda harus belok kanan (arah selatan) menuju ke arah Stasiun Prambanan. Ikuti jalan tersebut sampai bertemu dengan pertigaan tugu. Dari sana belok ke kiri (arah selatan), menyeberangi rel kereta api dan masuk desa Kebondalem Kidul. Ikuti jalan besar sojiwan3tersebut hingga berjumpa dengan Candi Sojiwan di sisi kiri (sebelah selatan) jalan.

Kini, papan petunjuk arah lokasi Candi Sojiwan sudah tersebar di beberapa titik di Desa Kebondalem Kidul, termasuk di dekat Stasiun Brambanan. Bisa menggunakan angkutan umum dari arah Jogja–Solo dan Jogja–Prambanan. Hanya saja, angkutan umum itu berhenti di jalan raya kompoleks Candi Prambanan. Untuk menuju ke Candi Sojiwan yang masih 3 kilometer ke arah selatan dari jalan raya itu tidak ada transportasi. Anda bisa menggunakan ojek motor. Tarifnya antara Rp 10.000 – Rp 15.000. Disarankan membawa kendaraan sendiri.

Tips:

  • Untuk menikmati Candi Sojiwan pengunjung wajib mengisi buku tamu yang disediakan di pos satpam. Tidak ada tiket masuk secara resmi. Pengunjung hanya dikenai biaya restribusi seikhlasnya.
  • Fasilitas umum seperti toilet tersedia.
  • Nikmatilah Candi Sojiwan di sore hari saat cuaca cerah. Warna langit yang jingga merekah semakin membuat pesona Candi Sojiwan lebih elok rupawan. Bagi yang hobi fotografi saat itulah keagungan Candi Sojiwan tampak wibawa.

 

0

 likes / One comment
Share this post:
  • HeruLS says:

    Salut untuk imajinasi orang-orang yang terlibat dalam pemugaran candi itu.

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    code

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec