07
Jun-2016

Ngalap Pengasihan di Gua Sentono

Gua Sentono merupakan gua buatan dengan dua mulut gua yang semuanya menghadap ke arah selatan. Kedua gua itu buntu. Masing-masing memiliki ukuran 2 meter dalamnya. Adapun ketinggiannya 1,5 meter dan lebar 1,7 meter.

Pada bilik kiri, terlihat lingga dan yoni. Ukurannya 50 cm yang dipahat menyatu dengan batu gua. Pada sisi dinding gua, masing-masing terdapat dua relief manusia. Menurut penunggu alias juru kunci, ada beberapa tokoh wayang pada relief tersebut.

Situs Goa Sentono3Di bilik gua sebelah kanan, terdapat bekas berbentuk bujursangkar di lanti gua dengan ukuran 60 x 60 cm. Pada gua yang sama , juga terdapat relief menyerupai kura-kura pada dinding gua itu.

Kedua gua dipisah oleh dinding gua yang pada bagian luar juga terdapat lingga dan yoni. Keduanya merupakan pahatan menyatu dengan gua. Sukar untuk menentukan tahun pembuatan situs ini. Memang, menurut beberapa peneliti, gua-gua itu semestinya lebih mudah ketimbang candi-candi di sekitarnya.

Mitos:

Meski ada lingga, belum tentu gua ini berlatar belakang agama Hindu. Diperkirakan pasca-Hindu yang masih menggunakan tradisi lingga.

Situs Goa Sentono4Gua ini sering dipakai untuk semedi melalui tirakatan atau nenepi. Maksudnya beragam, ingin mendapatkan pengasihan, kekayaan, dan sebagainya.

Ada kepercayaan, jika kendaraan bermotor melintas gua tersebut, si pengemudi harus membunyikan klaksonnya jika kendaraannya tidak ingin mogok. Ini dibenarkan juru kunci, yang juga menyatakan penunggu gua adalah peri yang cantik. Sang juru kunci mengungkapkan, saat dirinya mencoba berpuasa dan tirakatan di gua tersebut, beliau mendengar suara yang mengirimi zamrohan atau doa-doa dalam adat Jawa yang ia baca.

Tahun Pendirian:

Tahun pendirian Gua Sentono sampai sekarang ini belum dapat diketahui dengan pasti. Berdasar penelitian yang dilakukan Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Propinsi DIY disebutkan pendirian Gua Sentono tidak jauh berbeda dari masa pendirian Candi Abang (782M). Berdasarkan relief-reliefnya bisa disimpulkan Gua Sentono merupakan situs purbakala yang bersifat Hindu/Siwa.

Fungsi:

0701 Goa Sentono 5Lingga dan yoni adalah lambang dari Dewa Siwa dengan saktinya. Dengan adanya tokoh dewa ini, maka dapat diketahui bahwa Gua Sentono merupakan gua tempat pemujaan.

Koordinat:

-7.812890, 110.471470 atau -7° 48′ 46.40″, +110° 28′ 17.29″

Lokasi:

Gua Sentono terletak sekitar 1,5 kilometer dari Jalan Raya Jogja-Piyungan di kaki bukit, tepatnya di sebelah utara jalan atau 200 meter di sebelah tenggara Candi Abang. Gua ini dipelihara oleh juru pelihara. Untuk berkunjung gua tidak dipungut biaya apapun.

Obyek Terdekat:
Candi Abang

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec