10
Jun-2019

Nikmat Hidangan, Nikmat Gamelan

[pictureframe image=”http://www.jalanjogja.com/wp-content/uploads/2013/01/Sekaten-Sego-Gurih-5.jpg” align=”right” lightbox=”true” title=”Nikmat Hidangan Sekaten” link=”” width=”200″ height=””]Tak lengkap rasanya berburu kuliner di sekaten tanpa merasakan Sego Nggeneng dan Sego Gurih. Ini adalah menu pilihan yang biasa dihidangkan di depan pintu gerbang Masjid Gede Kauman. Cukup banyak penjaja yang menggelar menu-menu istimewa ini selama perayaan sekaten berlangsung. Anda dengan mudah akan menemukan mereka, di seputaran halaman masjid legendaris ini.

[pictureframe image=”http://www.jalanjogja.com/wp-content/uploads/2013/01/Sekaten-Sego-Gurih-2.jpg” align=”left” lightbox=”true” title=”Nikmat Hidangan Sekaten” link=”” width=”200″ height=””]Sego Nggeneng tak terlalu beda jauh dengan gudeg dan dilengkapi daun pepaya. pelengkapnya adalah sayur kacang tholo pedas dan rambak yang mirip krecek kulit sapi, tetapi yang ini bukan krecek. Lauknya ada tahu, tempe, telur, garang asem ati ampela, ayam kampung, dan ayam potong yang dimasak besengek, mirip opor.

Tetapi yang tidak boleh dilupakan tentu saja adalah tambahan lele bakar yang sedap dan berbau khas. Baunya ini benar-benar khas karena dihasilkan dari proses pembakaran lele menggunakan pelepah kelapa dan sabutnya. Sensasi rasa lele khas Sego Nggeneng ini sulit diceritakan, rasa pedasnya menggigit dan kesan asapnya akan terasa cukup lama di langit-langit mulut.

[pictureframe image=”http://www.jalanjogja.com/wp-content/uploads/2013/01/Sekaten-Sego-Gurih-3.jpg” align=”right” lightbox=”true” title=”Nikmat Hidangan Sekaten” link=”” width=”200″ height=””]Selain Sego Nggeneng, ritual wajib saat Sekaten adalah menyantap Sego Gurih atau nasi gurih (nasi uduk). Sego Gurih khas Sekaten mirip dengan nasi gurih/sega gurih yang sering ditemui dalam berkat atau kardus kenduren (kenduri) acara selamatan dalam tradisi jawa. Isinya kurang lebih sama. Nasi yang dimasak menggunakan santan dan bumbu sehingga rasanya gurih. Karena dimasak dengan santan nasinya pun cenderung empuk. Tanpa lauk pun sega gurih sudah enak dimakan.

Kelengkapan lainnya adalah krecek yang telah dilayukan, sedikit irisan kol, kedelai hitam goreng, kacang goreng, peyek gereh,dan ini yang paling enak, bumbu kacang yang dibentuk bola kecil. Rasanya manis,sedikit pedas. Sebagai lauknya, suwiran ayam yang dimasak dengan digoreng namun tidak kering sehingga dagingnya lembut. Sebuah kearifan kuliner yang benar-benar khas. Tentu berbeda dengan sega gurih yang sering ditemui dalam berkat kenduren.

[pictureframe image=”http://www.jalanjogja.com/wp-content/uploads/2013/01/Sekaten-Sego-Gurih-4.jpg” align=”left” lightbox=”true” title=”Nikmat Hidangan Sekaten” link=”” width=”200″ height=””]Kalau mengajak anak-anak, jangan lupa pilihkan menu tak pedas. Tapi bagi Anda sendiri, rekomendasi kami adalah cobalah kombinasi sayur yang disediakan di Sego Nggeneng ini. Kuah tholo yang pedas menyengat ditambah lele asap berbau khas ditanggung nyenggol. Harganya pun terhitung murah tergantung kombinasi lauk yang diminta. Taruh kata, satu orang bisa makan puas cukup dengan Rp 15 ribu dan mungkin sudah sisa.

Rasa pedas menu Sego Nggeneng ini memang jaminan dari Mbah Marto sendiri. Dibutuhkan 1,5 kilogram cabai untuk membuat sayur itu. Tujuannya, kata Mbah Marto biar yang makan sehat dan keluar keringat banyak layaknya habis olahraga. Dan memang betul, kalau sudah merasakan menu lengkap Sego Nggeneng, tahu-tahu punggung dan kepala kita sudah basah oleh keringat.

[notice type=”green”]Tips dalam box
Nah, ini yang menarik. Kalau mau menikmati menu-menu ini di arena Sekaten ini pilihlah saat dimana langit cerah dan berbintang, lalu suara gamelan dari pelataran masjid sudah ditabuh. Biasanya selepas Isya di hari-hari akhir Sekaten. Sambil duduk di tikar, nikmat sekali rasanya menikmati Sego Nggeneng atau Sego Gurih sembari mendengarkan gamelan mengalur pelan dan lamat-lamat. [/notice]

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec