Film merupakan temuan tekhnologi terbesar sepanjang masa. Film adalah produk kebudayaan. Saat ini, faktor yang mampu menggali dan mencerminkan kekayaan, serta keragaman budaya Yogyakarta.
Semua mengetahui, film adalah media komunikasi yang efektif mempromisikan potensi dan keragaman budaya yang dimiliki Yogya kepada masyarakat lebih luas. Jadi, tidak hanya nasional, tetapi juga dunia internasional. Tentunya, untuk mewujudkan gagasan itu, harus ditopang iklim kondusif bagi dunia perfilman di Yogya.
Dari gagasan tersebut, Dinas Kebudayaan DIY bakal menggelar Pekan Film Yogyakarta 2013. Acara yang bakal berlangsung dari 3 hingga 9 November 2013, dilaksanakan di Gedung Societed Taman Budaya Yogyakarta.
Penanggung jawab acara Pekan Film Yogyakarta Dra. Th. Y. Kuswardhani menegaskan, rangkaian acara yang disiapkan, antara lain Sarasehan Film, Pameran Perfilman Yogyakarta, Pemutaran Film, Workshop Perfilman, dan Malam Penganugerahan Pemenang Festival Film Indie.
Ditambahkan Kuswardhani, Yogya dibandingkan kota lain, dalam perkembangan dunia pefilman cukup menggembirakan. Selain bermunculan talenta muda di bidang perfilman, Yogya juga memiliki 20 lembaga pendidikan di bidang perfilman, 18 organisasi organisasi sinematografi, dan 17 rumah produksi. Persoalan yang muncul adalah potensi yang ada belum dikelola dan dioptimalkan secara maksimal.
“Program PFJ ini mencoba menggali dan menampilkan potensi perfilman yang ada di Yogya. Harapannya akan terjadi komunitas antara pelaku di lapangan untuk menemukan persoalan yang ada, sehingga persoalan ked epan bisa dicari solusi bersama, “ tegas Kuswardhani, Jumat (1/11).
Acara PFJ akan dibuka pukul 10.00 WIB. Pembukaan ditandai acara Sarasehan Perfilman yang menghadirkan pembicara Drs. Alexandri Luthfi R.MS (Dekan FSMR ISI), A.Tri Giovanni (Dreamlight Media Yogyakarta), dan Tomy Widiyatno Taslim (Presiden Festival Film Pelajar).
Setelah itu, tanggal 4-9 November 2013 bakal digelar Workshop Perfilman. Adapun pemateri adalah Hartanto Mugirahardjo, M.Sn (Dosen IKJ/Soundman), Nanang Rahmat Hidayat, M.Sn (Dosen FSMR ISI), Armantono, M.Sn (Dosen IKJ/Penulis Naskah), Subagyo Budisantoso, M.Sn (Dosen IKJ), Agni Ariatama, M.Sn (Dosen IKJ), dan Ifa Isfansyah (Sutradara).
“Keseluruhan acara yang digelar di PFJ terbuka untuk umum dan gratis,” kata Kuswardhani.(*)

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec