23
Jul-2014

Pesta Kesenian Tradisional di Kulonprogo

News   /  

Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menggelar pertunjukan seni tradisi di destinasi atau objek wisata setempat pada Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah, Senin-Selasa (28-29/7).

Waduk Sermo

Waduk Sermo

Pertunjukan seni tradisi Semarak Lebaran 2014 yang diselenggarakan di objek wisata ini diselenggarakan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat khususnya wisatawan. Semarak Lebaran 2014 kali ini mengusung dan menampilkan kesenian tradisional dari wilayah Kulonprogo, antara lain Jatilan Taruna Kudha Budaya Sidowayah Kokap, Jatilan Gunung Sari Keceme, Jatilan Sekar Arum Palihan Temon, Jatilan Nunglir Jatimulyo, Reog Sekar Kemuning Brosot, Incling Sekang Gulang Bayeman Glagah. “Pada penyelenggaraan pertunjukan pentas seni tradisi libur lebaran kali ini Dinas Budparpora bekerjasama dengan Pokdarwis setempat dan Pelaku Seni Kulonprogo,” kata Kepala Disbudparpora Kulonprogo Eko Wisnu Wardana di Kulonprogo.

Kesenian tradisional diyakini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung objek wisata. Wisatawan khususnya pemudik akan menjadikan kesenian tradisional sebagai pengobat rindu. Kesenian tradisional juga dinilai dapat dinikmati oleh semua umur. “Kami menyuguhkan kesenian ini supaya dapat dinikmati oleh semua kalangan dan segmen,” katanya.

petawisataAdapun objek wisata yang akan menggelar kesenian tradisional yakni Waduk Sermo, Puncak Suroloyo, Gua Kiskenda, Pantai Congot, Pantai Glagah dan Pantai Trisik.

Disbudparpora Kulonprogo juga mengimbau pengelola tempat wisata, pengusaha, pengelola restauran atau tempat makanan di kawasan Pantai Glagah dan Waduk Sermo untuk meningkatkan pelayanan selama libur Lebaran. “Imbauan ini merupakan upaya kami untuk menciptakan ketertiban, keamanan, dan kenyamanan bagi para pengunjung objek wisata,” tambah Eko Wisnu Wardhana.

Disbudparpora juga menginstruksikan Tim SAR untuk meningkatkan pengawasan dan keselamatan pengunjung atau wisatawan di beberapa objek wisata, untuk mencegah terjadinya kecelakaan di objek wisata, serta menjamin keselamatan pengunjung. Mereka juga berjanji memastikan para pengelola parkir memasang tarif dengan harga yang wajar.

Jadi, ayo ke Kulonprogo.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec