17
Jun-2015

Lebih Dekat Dengan Etawa di Lereng Merapi

Sambil menikmati kesegaran alam, beternak meraup untung.

Semilir sejuk di kaki Gunung Merapi itu benar-benar membuat hari semakin panjang. Rasanya tak hendak bergerak dan beranjak ke mana-mana. Leyeh-leyeh sembari ngobrol ngalor-ngidul ditemani secangkir kopi dan singkong rebus hangat rasanya lebih pas. Anda bisa jumpai suasana seperti ini Dusun Nganggring, Turgo, Sleman.

kambing etawaDusun Nganggring berada sekitar lebih kurang 10 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Peta lokasinya berada di garis merah zona waspada bahaya erupsi Merapi. Ruas-ruas jalan di seputaran dusun tampak rambu-rambu yang menunjukkan arah jalur evakuasi seandainya aktivitas Merapi sedang tinggi. Tetapi di balik ancaman bahaya itu Nganggring bersemai menjadi desa dengan potensi agro yang luar biasa. Hamparan kebun salak hampir pasti selalu dijumpai di daerah Sleman termasuk Nganggring. Yang membuat beda adalah Nganggring sebagai pusat peternakan dan pembibitan kambing Peranakan Etawa (PE) di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kelompok peternak kambing PE di Nganggring menempati lahan seluas 3 hektar dengan anggota 58 orang. Dengan lahan seluas itu masing-masing peternak mendapat bagian 10 meter persegi untuk kandang kambing dan 10 meter persegi untuk lahan hijauan (pakan). “Masing-masing peternak selain kandang juga berhak mendapat lahan untuk pakan ternak,” kata Suyanto, bagian pemasaran Kelompok Peternak Kambing PE Mandiri.

kambing etawaMenurut Suyanto, kondisi alamnya memang masih memungkinkan untuk menanam lahan hijauan sebagai pakan ternak di samping sudah ada pohon-pohon liar yang sebelumnya sudah lama ada di situ. Meskipun sudah ada lahan hijauan, peternak tetap memberi tambahan pakan berupa potongan singkong dan kangkung. Beberapa di antaranya ditambah dengan vitamin dan ekstrak dari bahan makanan lainnya untuk komboran.

Kini populasi kambing PE di Nganggring sejumlah 1.200 ekor dengan berbagai kelas, mulai dari kualitas A-D atau pedaging. Dalam 2 tahun indukan PE bisa beranak sampai 3 kali. Capaian harga berkaitan dengan umur dan kualitas kambing. Yang dimasukkan di dalam kelas A umur 1,5 tahun bisa sampai 20 juta rupiah. Sedangkan bibitnya umuran 3 bulan berkisar 3-4 juta rupiah.kambing etawa

Di sini kita juga akan mendapat pengetahuan dasar bagaimana memilih kambing PE yang punya kualitas bagus. Beberapa di antaranya adalah: bentuk kepala menyerupai burung betet (mancung dan sedikit melengkung ke bawah); telinga melipat atau menangkup tidak mekar (pada usia 6-8 bulan panjang telinga yang melipat itu minimal 30 sentimeter); pangkal telinga dengan dahi menempel; dan postur tubuh PE dua kali lipat dibandingkan ukuran kambing-kambing lainnya. “Kami juga memberikan pelatihan kepada pengunjung jika menghendaki ingin beternak PE atau konsultasi tentang PE,” tambah Yanto, panggilan akrabnya.

Bisnis PE, masih kata Yanto, menguntungkan karena semua yang ada di PE bisa dimanfaatkan. Mulai dari daging, susu, air kencing, sampai kotorannya. Biasanya air kencing dan kotoran digunakan sebagai pupuk kandang untuk kebun salak atau yang lain dan sudah ada orang yang mengambilnya. “Jadi semua yang ada di kambing PE bisa kita jual, termasuk mengawinkan kalau kita punya pejantan bagus. Sekali kawin 250 ribu, he-he-he,” seloroh Yanto. Jadi, pejantan itu bisa mensubsidi pakan bagi dirinya sendiri dan juga teman-temannya.kambing etawa

Kini selain beternak, Kelompok Peternak Kambing PE Mandiri juga membuka lahan untuk Outbond, memberi motivasi melalui pelatihan bagi peternak-peternak baru, dan juga membuka pasar hewan secara reguler setiap hari Rabu dan Minggu di pasar hewan tak jauh dari lokasi kandang.

Lokasi

Dusun Nganggring, Desa Girikerto
Kecamatan Turi, Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta

Transportasi

Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau carter karena sulit ditemui angkutan umum di daerah ini. Meskipun ada, jam dan waktunya tidak bisa dipastikan karena masih sedikit armadanya.
Bisa menggunakan jalur dari arah barat melalui jembatan Kali Krasak ambil arah ke timur dan naik mengikuti jalan arah ke Turgo. Atau melalui Pulo Watu di barat Pakem terus naik arah ke Turgo. Sudah ada plang papan nama yang menunjukkan ke arah Dusun Nganggring.

kambing etawaContact Person:
Suyanto: 081392277836
Triyono : 085729510562

Catatan:
Sebelum membeli atau memutuskan untuk mulai beternak, akan lebih baik konsultasikan dahulu dengan peternak yang sudah berpengalaman. Untuk bertanya dan konsultasi tidak dipungut biaya.

Perhatikan ciri-ciri mendasar kambing PE sehingga benar-benar tahu dan yakin dengan pilihan Anda.

0

 likes / 4 Comments
Share this post:
  • budiman says:

    apakah saya diperbolehkan untuk konsultasi dan berkunjung ke peternakan peranakan etawa

  • Netras Media says:

    mestinya bisa. Tapi saran kami, anda sebaiknya datang dan melihat langsung ke lokasi. karena harga sangat tergantung dari besaran kambing, dan ciri-ciri lainnya yang cukup rumit. makasih.

  • roni says:

    bos kalau sy mau beli 4 ekor aj bisa g berapa hargany per ekor trims

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    code

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec