05
Sep-2015

Tradisi Jawa di Tembi Rumah Budaya

IMG_20150821_143102

Anda ingin berwisata sekaligus belajar tentang budaya Jawa? Ada baiknya bila Tembi Rumah Budaya jadi rujukan.

Tembi Rumah Budaya, awalnya merupakan suatu lembaga yang khusus mempelajari tentang tradisi budaya Jawa, bernama Lembaga Studi Jawa. Namun seiring perjalanan waktu, yang awalnya hanya lembaga studi, pada tahun 1995, meleburkan diri ke ranah yang lebih luas. Maka, jadilah Tembi Rumah Budaya.

Dalam upayanya untuk mempertahankan atau nguri-uri tradisi budaya Jawa, bangunan atau rumah ini dibuat mirip atau boleh dibilang sebagai miniatur 20150320_151811kerajaan jaman dulu. Ada pintu gerbang, dua buah patung Gupala, pendopo yang di kanan-kirinya terdapat dua pintu kecil, yang disebut seketeng dan ruang utama.

Di zaman dahulu Pendopo merupakan tempat untuk menyambut tamu juga digunakan untuk gelar tari. Olek karena itu, pendopo di Tembi Rumah Budaya, saat ini seringkali digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti tari, latihan gamelan hingga macapatan.

Sedangkan ruang utama, yang di masa kerajaan sebagai ruang keluarga, ruangan ini saat ini difungsikan sebagai museum yang memajang aneka koleksi, seperti wayang kulit, wayang golek, topeng, celengan, mainan anak maupun batik. Namun yang DSCN8016dominan di museum berupa koleksi tosan aji yang jumlahnya di atas 360 koleksi. Mulai dari keris, pedang dan tombak.

Educator Museum, Adiwena mengatakan koleksi-koleksi tosan aji ini ada yang di dapat dengan cara diburu, yang dilakukan oleh pendiri museum, Suwantono, ada juga merupakan hibah maupun benda titipan. Tiga koleksi keris dan satu panca sola yang ada di museum Tembi merupakan titipan milik Totok Sudarto, mantan wakil bupati Bantul.

Meski menyimpan berbagai koleksi tosan aji akan tetapi di sini tidak dij20150320_151744elaskan masing-masing umur atau tahun pembuatan tosan aji. Adiwena menjelaskan Tembi Rumah Budaya tidak berani menyebutkan umur tosan aji karena untuk menandai umur masing-masing tosan aji harus melakukan penelitian secara menyeluruh setiap tosan aji.

Tawarkan wisata outbond

Berbagai kegiatan secara rutin digelar di Tembi Rumah Budaya. Mulai dari event mingguan hingga lapanan. Kegiatan mingguan yang digelar di Pendopo antara lain belajar membatik, natah topeng panji, lukis, tatah wayang kulit hingga jamasan. Sedangkan acara bulanan ada peluncuran antologi puisi dan sarasehan yang diadDSCN8018akan tiap bulan purnama serta macapatan setiap Rabu Pon.

Sementara paket wisata lain yang ditawarkan adalah wisata outbond. Di sini wisatawan diajak bagaimana cara membajak sawah hingga diberi penjelasan ketika masa panen. Dengan berkunjung atau berwasata di Tembi Rumah Budaya, wisatawan diajak belajar mengenal, merasakan dan menikmati budaya Jawa dengan balutan cinta dan petualangan. Dan yang tidak kalah menariknya sajian kuliner tradisionalnya.

Tembi Rumah Budaya ada di Jalan     Parangtritis Km 8.4, Desa Tembi, Kel. Timbulharjo, Kec. Sewon, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55186
(0274) 368000

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec