26
Jul-2014

Wisata Aman di Pantai Selatan

Salah satu “musuh” wisatawan di sejumlah pantai di Kabupaten Bantul adalah ubur-ubur. Berdasar musim, kita boleh berharap tidak terjadi serangan ubur-ubur di musim libur Lebaran tahun ini.

Ubur-ubur biasanya datang ketika air laut cukup dingin. Mengingat sebenarnya Indonesia telah memasuki musim kemarau, maka diharapkan suhu air laut hangat dan mencegah ubur-ubur datang ke pantai. “Dari pantauan kami di lapangan sejauh ini belum kelihatan ada ubur-ubur yang muncul di kawasan pantai selatan, mudah-mudahan ini pertanda bagus bagi obyek wisata khususnya pantai di Bantul,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, DIY, Dwi Daryanto.

Parangtritis Sand Dune 2Di musim libur Lebaran tahun lalu, serangan ubur-ubur beberapa kali terjadi di sejumlah pantai seperti Parangtritis. Tingkat kunjungan wisatawan yang meningkat drastis, ditambah musim ubur-ubur mendekat ke pantai, membuat Tim SAR bekerja ekstra keras ketika itu. Banyak wisatawan yang terkena serangan ubur-ubur yang meskipun tidak berbahaya namun sengatannya terasa panas pada bagian perut. Karena itu, meski diperkirakan tidak ada serangan ubur-ubur, tetapi seluruh petugas akan tetap waspada untuk menjaga kemungkinan gangguan pada wisatawan.

Menurut catatan, jumlah wisatawan ke Pantai Parangtritis, Bantul pada libur Lebaran bisa mencapai lebih dari 200 ribu orang. Pendapatan daerah yang diperoleh dari musim libur pendek ini bisa mencapai Rp 1 miliar lebih. Problem yang biasa dihadapi wisatawan di musim libur Lebaran ini adalah kemacetan jalan. Karena itu, pihak dinas telah melakukan upaya pencegahan kemacetan dengan rekayasa arus lalu lintas. “Dinas Pariwisata telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Polres Bantul untuk merekayasa arus lalu-lintas. Dengan lancarnya arus lalu lintas kami optimistis target 200.000 wisatawan akan tercapai. Apalagi cuaca saat ini relatif cerah,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Bambang Legowo.

Khusus untuk wisatawan pantai, pemeritah daerah setempat selalu menghimbau agar tidak melanggar larangan mandi di laut. Meskipun kondisi ombak relatif biasa, tetapi secara umum gelombang di laut Selatan tidak dapat diduga. Karena itu, larangan mandi di laut akan tetap diberlakukan, terutama di kawasan tertentu. Tujuannya, selain meminimalkan potensi serangan ubur-ubur, juga memaksimalkan keamanan agar tidak timbul korban jiwa. Pantai selatan Bantul merupakan salah satu kawasan yang sering memakan korban, terutama karena wisatawan yang nekat untuk mandi terlalu ke tengah laut. Setidaknya, telah didirikan empat pos pengamanan di sepanjang Pantai Selatan untuk meniminalkan kecelakaan laut, yaitu di Pantai Parangtritis, Depok, Goa Cemara dan Pantai Kuwaru-Pantai Baru.

Pantai Parangendog

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec